WAbNUGvLAHrdRF6NGlR1ji9P0SE Cara Membuat Link yang Membuka di Tab Baru ~ hayeksaja.blogspot.com

Cara Membuat Link yang Membuka di Tab Baru

Di dalam membuat suatu artikel di Blogger terkadang kita perlu menyisipkan satu atau beberapa tautan atau link. Cukup mudah untuk membuat link di Blogger. Kita hanya perlu meng-highlight teks yang akan disisipi link kemudian mengisi alamat URL-nya. Bila dilihat di Edit HTML, maka bentuk link tersebut secara umum terlihat seperti ini <a href="URL">Teks</a>.

Bentuk link di atas jika diklik maka akan membuka di tab yang sama. Hal ini bisa saja mengganggu kenyamanan pengunjung yang sedang membaca artikel kita. Agar pembaca tidak kehilangan halaman blog kita, maka solusinya adalah dengan membuatkan link yang membuka di tab yang baru. Lalu, bagaimana cara membuatnya?

Untuk membuat link yang membuka di tab baru, kita perlu menambahkan kode target="_blank" atau target="_new" atau target="_up" setelah kode "URL".

Contoh:

<a href="http://hayeksaja.blogspot.com/2011/01/tukar-link.html" target="_blank">Tukar Link</a>

Maka hasilnya seperti di bawah ini.

Tukar Link

<a href="http://hayeksaja.blogspot.com/2011/01/tukar-link.html" target="_new">Tukar Link</a>

Maka hasilnya seperti di bawah ini.

Tukar Link

<a href="http://hayeksaja.blogspot.com/2011/01/tukar-link.html" target="_up">Tukar Link</a>

Maka hasilnya seperti di bawah ini.

Tukar Link

Silakan diklik ketiga link di atas masing-masing sebanyak beberapa kali.

Dari hasil pengeklikan itu terlihat bahwa link yang menggunakan target="_blank" akan membuka di tab baru yang pertama, bila diklik lagi kemudian membuka lagi di tab baru yang ke-dua, bila diklik lagi maka akan membuka di tab baru yang ke-tiga, dan seterusnya.

Berbeda dengan link yang menggunakan target="_new" atau target="_up", bila kedua link tersebut diklik untuk yang pertama kali, maka masing-masing akan membuka di tab yang baru. Namun, bila diklik untuk yang ke-dua kali dan seterusnya, maka kedua link tersebut hanya akan me-reload atau membuka ulang di tab dari hasil pengeklikan yang pertama tadi.

Di sini terlihat akan lebih efektif bila menggunakan target="_blank" untuk membuat link membuka di tab baru.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...